Buy and Sell text links

Pemimpin Tambur

Diposting oleh chikuz - frizia | 1:36 AM
Pemimpin Tambur

SMART MOTIVATION
ANDRIE WONGSO
'Pemimpin Tambur'
24 Maret 2008

INTISARI

Banyak orang ingin menjadi pemimpin. Karena anggapan orang mengenai pemimpin adalah tinggal perintah. Apakah benar demikian ? Mari kita simak ilustrasi cerita berikut ini mengenai seorang Pemimpin Tambur.

Suatu hari di suatu masa di satu daerah akan diadakan lomba Mendayung Perahu Naga. Tanpa diduga panitia, peserta lomba mendayung ini membludak. Akhirnya untuk mendapatkan anggota tim dayung perahu naga yang terbaik, maka panitia melakukan beberapa kali tes. Terpilihlah beberapa orang yang akan mewakili daerah itu ke berbagai kejuaraan Mendayung Perahu Naga. Mereka yang terpilih dilatih oleh pelatih nasional terbaik dengan tekun. Kemudian dipilihlah siapa yang mendayung dan siapa yang memukul tambur dan siapa yang menjadi cadangan.

Setelah semua anggota tim mendapatkan posisinya, ada seorang pemuda yang terpilih menjadi pemukul tambur kurang puas dengan tugas yang diberikan padanya. Pemuda itu bertanya pada diri sendiri mengapa dia malah dijadikan pemukul tambur dan bukannya pendayung seperti yang diinginkannya. Apakah kemampuannya mendayung tidak dianggap oleh pelatih atau pelatih tidak suka jika dirinya jadi mempermalukan pemuda itu.

Akibatnya pemuda itu setengah hati saja memukul tambur. Pelatih rupanya melihat kemunduran itu. Karena memang prestasi dan semangat anak didiknya mulai turun. Suatu sore pelatih mengajak ngobrol pemuda itu. Ditanyakanlah mengapa prestasi pemuda itu menurun. Lalu pemuda itu pun menceritakan apa yang menghimpit hatinya. Pemuda itu menceritakan ketidakpuasannya atas posisi pemukul tambur yang dipercayakan padanya. Karena menurutnya dia bisa melakukan lebih dari sekedar memukul tambur untuk kemenangan timnya. Pelatih bijak itu lalu berkata bahwa pemukul tambur itu mempunyai dua tugas utama yaitu menyamakan waktu mendayung agar irama pukulan tambur tetap sehingga dapat menjaga kekompakan tim.

Kompak berarti perahu akan melaju dengan cepat diatas air. Tugas kedua adalah menyemangati anggota tim untuk mengayuh perahu dengan lebih kuat. Dan jika pendayung tampak lelah maka pemukul tambur harus lebih keras memukul tamburnya untuk memacu semangat pendayung. Setiap orang dalam perahu wajib mematuhi irama pukulan tambur. Karena itu seorang pemukul tambur disebut sebagai pemimpin.

Mendengar cerita itu terbukalah pandangan pemuda itu akan seorang pemukul tambur.

Demikian juga dalam kehidupan, tugas pemimpin adalah memberikan visi yang jelas dan mengarahkan, membimbing serta mendorong seluruh anggota yang dipimpinnya untuk mengikuti irama yang diciptakannya. Pemimpin adalah motivator. Jika dia melihat anak buahnya lelah menjalankan visinya, maka pemimpin akan mendorong semangat mereka agar kembali bergairah. Sesungguhnya setiap orang adalah pemimpin minimal bagi dirinya sendiri, karena jika kita tidak mampu memimpin diri kita sendiri bagaimana kita mungkin memimpin orang lain.

Mari kita pukul tambur kita masing – masing agar kita bisa menjadi manusia efektif luar biasa yang bisa berguna untuk orang lain juga.


0 komentar